Kamis, 20 September 2012

2 Sistem Pencahayaan pada Akuarium Air Laut


Sahabat Penghoby Aquarium yang berbahagia. Setelah kita belajar membuat aquarium, kini saatnya kita mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendukung Akuarium kesayangan Anda agar bisa terlihat indah dan yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana membuat penghuni aquarium Anda merasa nyaman. Langsung saja kita coba mengulas bagaimana Sistem Pencahayaan pada Akuarium Air Laut ini.

Langkah pertama untuk suatu akuarium terumbu karang sukses adalah untuk mendapatkan ukuran yang tepat dari akuarium. Idealnya, Anda menginginkan tangki yang cukup besar, contohnya panjang 120cm x lebar 45cm x ketinggian 45cm, tangki lebar menguntungkan karena mereka termasuk daerah lebih untuk aquascaping dan sistem pencahayaan..

Ukuran akuarium juga dapat menentukan jenis lampu…..!!!

Pencahayaan

Di antara aspek yang paling penting dari terumbu menjaga adalah sistem pencahayaan. Dengan pencahayaan, kami ingin memberikan penyinaran yang tepat, intensitas, dan spektrum untuk pertumbuhan karang dan anemon yang baik. Sebagian besar aplikasi menggunakan penyinaran 12-jam. Dengan sistem multi-cahaya, Anda dapat menggunakan timer untuk memvariasikan intensitas dengan memvariasikan jumlah lampu menyala di satu waktu. Biasanya, satu lampu kecil menyala selama satu jam yang biasa disebut “Moon Light”, maka semua lampu menyala selama 10 jam, maka satu lampu yang tersisa pada satu jam tambahan, sementara yang lain dimatikan. Ini adalah salah satu metode untuk menduplikasi matahari melewati terumbu. Pada sistem benar-benar rumit, beberapa penggemar bahkan telah dirancang pola awan.
Untuk memberikan intensitas cahaya yang tepat, gunakan 3-5 watt per 5 liter air dan menggunakan lampu fluorescent atau metal highlight beberapa jika tangki dengan kedalaman 60cm atau kurang lebih dalam tangki memerlukan sistem yang lebih rumit, biasanya melibatkan menggantung liontin logam halida pencahayaan.. Kebanyakan buku menyarankan satu 175 watt logam halida per 4 meter persegi luas permukaan, tergantung sekitar 1 kaki di atas tangki.
Pengembangan ballast elektronik untuk Output Tinggi (VHO) lampu fluorescent atau lampu T5 VHO, telah memungkinkan para penggemar untuk merancang sistem wattage tinggi di ruang kecil. Sebuah output bohlam VHO 110W dengan panjang 120cm, versus 40W untuk bohlam T8 standar. VHO sistem memerlukan kap khusus untuk menahan panas yang tinggi dipancarkan Sebagian besar tabung yang tersedia dengan reflektor internal untuk memaksimalkan intensitas.. Gunakan lampu dengan CRI dari 90-99 (CRI 100 = sinar matahari), atau warna suhu 5500-10,000 K.
Kebanyakan karang memiliki intensitas cahaya di mana mereka tumbuh dengan sangat baik. Hal ini penting untuk mengetahui kapan memilih lampu dan menentukan dimana kedalaman karang tertentu harus ditempatkan. Kebanyakan karang sedikit mudah ber adaptasi dengan cahaya sebagai intensitas cahaya berjalan. Hal ini penting, meskipun, tidak untuk karang baru ketika menempatkan mereka dalam akuarium, karena hal ini dapat mengakibatkan cahaya shock atau pemutihan zooxanthellae. Tempat karang baru lebih dalam tangki dari optimal dan memberikan bayangan beberapa. Setelah menyesuaikan diri, (umumnya sekitar 2 minggu), mengangkat mereka ke tingkat optimal.


Memilih lampu yang tepat

Ragam lampu untuk memberikan zooxanthellae dengan panjang gelombang cahaya yang tepat untuk fotosintesis, lampu yang berbeda telah dikembangkan untuk meniru sinar matahari disaring melalui kedalaman air yang berbeda. Seperti air ringan menembus, panjang gelombang yang berbeda dengan berbagai “energi” akan menembus ke kedalaman bervariasi. Lampu merah (630-780 nm) menembus sekitar 15 cm, sedangkan cahaya biru (420-490 nm) pergi sedalam 50 cm. Jadi, tidak mengherankan bahwa sebagian besar zooxanthellae berevolusi untuk menyerap cahaya terbaik pada 420 nm dalam kisaran biru. Hal ini mengakibatkan pengembangan lampu neon yang memancarkan cahaya terutama pada puncak ini. Meskipun Anda dapat menggunakan semua lampu actinic di terumbu, Anda mungkin menemukan hasil yang mengecewakan. (Mata kami tidak melihat cahaya biru yang sangat terang, dan menemukan cahaya kuning lebih estetis.) Juga direkomendasikan adalah “penuh spektrum” lampu, “disetel” untuk menghasilkan cahaya di seluruh spektrum penuh, meniru sinar matahari alam. Tabung-tabung menunjukkan warna aslinya karang dan ikan, dan menyenangkan untuk mata kita. Kebanyakan terumbu bekerja dengan baik dengan rasio 1:1 dari actinic untuk lampu spektrum penuh. Juga tersedia untuk penggemar, yang sering disebut lampu kombinasi 50/50 atau actinic putih; ini memancarkan cahaya di seluruh spektrum penuh, dengan tambahan “actinic” fosfor untuk cahaya tambahan pada 420 nm. Kebanyakan logam halida spektrum yang cukup untuk terumbu karang, meskipun sebagian besar penggemar suplemen dengan bola lampu 03-jenis actinic untuk membawa keluar fluoresensi karang ‘merah dan hijau. Efek lain dari penggunaan logam halida, karena mereka adalah sumber satu titik cahaya, adalah bahwa kita akan mendapatkan defraction gelombang cahaya dalam tangki. Meskipun gelombang yang ditemukan di alam dan menyenangkan untuk mata, mereka belum terbukti penting untuk hal menjaga umur terumbu karang.
Pilihan ukuran dan pencahayaan yang Anda buat akan memiliki dampak besar pada keberhasilan akuarium terumbu Anda. Meskipun hal ini mungkin tampak membingungkan pada awalnya, pastikan untuk meluangkan waktu untuk penelitian pilihan Anda dan kemudian memilih nasehat yang akan memungkinkan akuarium anda untuk berkembang.

Sumber : http://bunakenreefstore.wordpress.com/

2 komentar:

 

Seputar Dunia Air Copyright © 2012 - |- Design by Penghoby Aquarium - |- Powered by Blogger