Kamis, 20 September 2012

0 Setting Awal Aquarium Air Laut Untuk Pemula

Jika anda seorang pengagum akuarium mungkin anda berpikir bahwa untuk membuat akuarium air laut tentunya akan membuat kantong anda terkuras habis…  Tapi jika kita pandai memilah dan tentunya sering rajin mencari informasi tentunya semuanya dapat kita siasati.
Menyajikan pemandangan laut dalam yang fantastis ke dalam ruangan favorit di rumah tentunya akan menjadi aternatif untuk menghilangkan stress setelah anda lelah bekerja seharian. untuk memulai hobi ini diperlukan ketekunan, kesabaran dan kerelaan kita untuk menyisihkan waktu untuk merawat secara rutin akuarium kita.
Contohnya Sebagai awal anda memerlukan akuarium ukuran akuarium beragam dpat disesuaikan dengan selera atau keuangan anda contohnya akuarium 100 cm dengan lebar 65 cm dan tinggi sekitar 60 cm, untuk akuarium ukuran tersebut anda memerukan biaya sekitar  Rp. 400.000 sampai  Rp. 500.000, jika anda mampu untuk membuat akuarium anda sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya. Dengan ukuran akuarium tsb anda memerlukan sekitar 400 Liter air laut dengan harga Rp. 300 / Liternya, untuk setup awal anda dapat meletakan live rock atau karang hidup yang diatur sesuai selera anda, untuk harga live rock berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp.20.000.
Adapun untuk peralatan tambahan yang bisa dipakai antara lain :
  1. Akuarium
  2. Power Pump dengan harga berkisar antara Rp.80.000 sampai Rp. 200.000 tergantung ukuran nya.
  3. Lampu, lampu digunakan untuk menggantikan sinar matahari dan sekaligus memperindah aquarium anda, ukuran lampu harus disesuaikan dengan panjang aquarium anda. Harga dan merk lampu bermacam – macam. Misalkan anda memilih Lampu ber merk Dagenbow yang berjenis T8, anda hanya perlu merogoh kocek dan mengeluarkan Rp. 35.000 saja untuk lampu berukuran 30watt yang pas untk aquarium anda. Jika anda memilih Lampu berjenis Metal HighLight Mungkin anada memerlukan uang berkisar Rp. 500.000 per buahnya dengan ukuran 250watt.
  4. Meja, meja aquarium harus dibuat dengan hati hati, karena ini dapat mempengaruhi keseimbangan aquarium anda, dengan kayu yang kuat, dengan ukuran yang presisi dengan aquarium anda.
  5. Protein Skimmer, Skimmer dapat anda beli toko peralatan aquarium terdekat. Atau anda dapat membuatnya sendiri dari pipa paralon. Skimmer berfungsi untuk memisahkan partikel ringan dan partikel berat, skimmer akan membawa partikel ringan contohnya lendir dari terumbu karang atau ikan anda ke atas melalui busa nya.
  6. Pengukur kadar garam dibutuhkan untuk mengukur asin atau tawar nya air di aquarium anda, harganya berkisar Rp. 35.000.
  7. Filter aquarium, untuk standard nya anda harus menggunakan filter yang berbentuk aquarium dengan sekat sekat yang diletakkan di bawah aquarium utama anda. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan total volume air di aquarium anda. Filter aquarium sebaiknya jangan di isi dengan makhluk hidup apapun, agar bakteri dapat bertumbuh dengan baik.
Tip dan trik Memuai Hobi Akuarium Air Laut :
1. Selalu mengganti air laut minimal 10 % setiap minggu.
2. Jangan terburu-buru untuk memasukan organisme kedalam akuarium karena akuarium laut butuh proses untuk terjadinya proses daur ulang  (recycle ) minimal 20 hari.
3. Perhatikan suplemen yang anda tambahkan kedalam akuarium , usahakan jangan terlalu berlebihan.
4. Perhatikan suhu air, usahakan jangan melampaui batas max 28 derajat celcius, apabila diperlukan tambahkan kipas kecil.
5. Tanpa chiller dan skimmer akuarium anda bisa bertahan selama pergantian air baru rutin anda jalankan.
6. Teliti dalam membeli penghuni akuarium.
7. Selamat mencoba.

Sumber : http://bunakenreefstore.wordpress.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Seputar Dunia Air Copyright © 2012 - |- Design by Penghoby Aquarium - |- Powered by Blogger